Cara Instal .Net Framework 3.5 Secara Offline di Windows 8 / 8.1 dan Windows 10 (Tanpa Download)

Bagi kalian yang menggunakan Windows 8 / 8.1 dan bingung bagaimana cara instal Microsoft .Net 3.5 Framework secara offline, pada post kali ini akan ane share cara mudahnya. Secara bawaan, Windows 8 / 8.1 /10hanya terinstal Microsoft .Net Framework 4.0 dan 4.5, jadi terkadang ada beberapa program yang tidak dapat berjalan di Windows 8 / 8.1 /10 karena program tersebut membutuhkan .Net Framework 3.5 dan versi dibawahya. Bahan-bahan yang perlu kalian siapkan adalah DVD Instalasi Windows 8 / 8.1 /10 atau jika kalian punya file ISO Windows nya, maka itu juga bisa digunakan untuk install .Net Framwork 3.5 (kalian mount file ISO nya menggunakan program UltraISO). Jika kalian menggunakan UltraISO, bisa mount file ISO nya dengan cara berikut:

  • Klik kanan file ISO Windows nya > UltraISO > Mount to Drive

  • Jika kalian menggunakan DVD instalasi Windows, abaikan langkah diatas.
  • Selanjutnya buka Command Prompt (Admin) dengan cara klik kanan pada sudut bagian kiri bawah desktop, dan pilih Command Prompt (Admin)

  •  Setelah jendela command prompt terbuka, ketikkan perintah berikut, lalu enter:
C:\Windows\system32\Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:F:\sources\sxs /LimitAccess
  • Pada bagian /Source:F , sesuaikan dengan nama drive DVD di komputer kalian, sebagai contoh DVD Windows ane berada di drive F, kalian bisa cek melalui My Computer untuk nama drive nya
  •  Tunggu sampai proses selesai dan .Net Framework telah terinstal di komputer kalian ^_^
 Jika ada yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar

[Alternatif]
Jika kalian tidak menyukai cara diatas, dan ingin melakukan dengan cara instal, silahkan download microsoft .net framework offline installer melalui link dibawah:
Kumpulan Dot Net Framework Offline Installer All Version

[Update 01/07/2015]
Jika kalian kesulitan dalam mengetikkan perintahnya, download file dibawah ini, lalu jalankan file .bat nya. Instalasi Microsoft .Net Framework nya akan berjalan secara otomatis. Yang penting DVD Windows nya telah dimasukkan (jika menggunakan DVD) atau file ISO Windows nya sudah di mount (jika tanpa DVD fisik). Jika instalasi sukses, maka akan muncul pesan ".NET Framework 3.5 should be installed"

Download Automatic Installer .Net Framework


EmoticonEmoticon