Cara Flashing Sony Xperia SP

Buat yg Xperia SP nya lagi bootloop karena gonta ganti ROM atau ganti kernel atau hal lainnya, atau mungkin Xperianya udah lemot, pengen dibuat fresh seperti HP baru lagi maka kalian harus melakukan flashing ulang pada device Xperia nya agar Hp nya bisa digunain lagi dengan normal ^_^ . Hari ini ane kasi tutorial cara flash ulang ke stock ROM bawaan si SP ini. Buat yg belum tau apa itu flashing, bisa cek disini gan.

Penting! Kalian akan kehilangan semua data Internal Memory saat melakukan flashing ini, karena di tutorial kali ini adalah cara untuk "FRESH INSTALL"

Di tutorial kali ini yg akan ane flash sebagai contoh adalah firmware XSP Jelly Bean V.4.3 C5302 versi 12.1.A.1.207 Region Indonesia. Kenapa ane pilih firmware .207? Itu karena versi ini adalah firmware terakhir yg terupdate yg dibuat Sony untuk Xperia SP

Baca juga:
Cara root Sony Xperia SP
Cara melegakan RAM di Android
Cara mengambil file Apk dari aplikasi yang terinstal di Android

Sebelum melakukan flash, siapin dulu bahan-bahannya :D
  1. FlashTool - Download
  2. Firmware yg ingin di flash (C5302 12.1.A.1.207) - Download
Pastikan baterai HP diatas 50% sebelum melakukan percobaan ini untuk jaga2 agar HP tidak kehabisan baterai saat dilakukan flashing dan menyebabkan kerusakan yg lebih parah

Langsung aja deh kita mulai proses flashing nya ya:
  • Jika HP ente masih hidup (dapat boot normal) ane saranin aktifin mode USB debugging nya. Kalo ada yg belum tau cara enable USB debugging, bisa baca disini dulu gan sebelum lanjut ke tahap berikutnya. Tapi kalo si SP nya uda bootloop (ga bisa booting lagi) ya uda deh, coba langsung diflash aja sambil banyak2 doa supaya sukses proses flashing nya :D

  • Selanjutnya, instal program Flashtool nya, klik Next aja sampe selesai proses instalasinya
Instal FlashTool
  •  Setelah itu copy kan file firmware Xperia SP kita ke direktori "C:\\Flashtool\Firmwares"
Copy file firmware
  • Di langkah ini, saatnya instal driver untuk XSP kita. Colokin kabel data dari komputer/laptop ke XSP kita, lalu buka instalan driver flashtool di C:\\Flashtool\drivers, buka Flashtool-drivers, lalu instal seperti biasa, klik Next, lalu di halaman kedua instalasi (lihat gambar kedua dibawah), beri ceklist pada pilihan Flashmode Drivers dan Fastboot Drivers, lalu klik Install
Install FlashTool Driver (1)


  • Lalu akan muncul Device Driver Installation Wizard, klik Next lagi. Jika ada pop up menu muncul, pilih saja "Instal driver anyway". Jika instalasi driver berhasil maka di statusnya akan Ready to Use (lihat gambar), dan klik Finish
Proses instal driver, klik Next lagi
Ceklist driver yang akan diinstal, lalu klik instal

Proses Instal Driver Sukses
  • Sekarang buka program Flashtool nya di "C:\\Flashtool\Flashtool.exe". Jika menggunakan Windows 7/8/8.1 ane saranin klik kanan file FlashTool nya terus pilih Run As Administrator. Catatan: Jika komputer anda menggunakan sistem operasi 64bit, maka jalankan file yang Flashtool64.exe

Jalankan FlashTool nya
  •  Klik gambar petir pada bagian sebelah kiri Flashtool, lalu pilih Flashmode, dan klik OK


  • Setelah itu akan muncul tampilan untuk memilih firmware mana yg ingin di flash di HP kita (Firmware Selector). Pilih device Sony Xperia SP kita (C5302), lalu klik tombol Flash di bagian bawah
  • Setelah itu kalian harus menunggu sebentar karena program Flashtool sedang mempersiapkan file untuk proses flashingnya (akan muncul tulisan "preparing files for flashing"). Gak lama kemudian pasti akan muncul tampilan "Wait for flashmode". Pada saat ini, matikan HP nya, trus cabut dari kabel data. Setelah XSP nya dicabut dari kabel data, tekan tombol VOLUME BAWAH (VOL DOWN), lalu colokin lagi ke kabel datanya, sampe muncul LED warna HIJAU dan setelah itu proses flashing akan dimulai


Wait for Flashmode
  • Proses flashing akan berjalan. Saat ini kalian harus banyak2 doa :v :D supaya bisa berhasil dan ga error / proses berhenti di tengah jalan
Tampilan proses flashing

  • Jika proses flashing telah selesai, dan ada tulisan Flashing finished, berarti proses flashing sudah selesai, silahkan dicabut HP nya dari kabel data dan coba nyalain XSP kalian



  • Setelah Xperia SP kalian dihidupkan, proses loading awal akan sangat lama (sekitar 5-8menit), harap ditunggu saja, jangan dimatikan HP nya. Nanti akan muncul tampilan awal seperti ini:

  • Selamat, Xperia kalian sudah berhasil di flash
Tutorial ini sudah ane test sendiri di XSP ane sendiri dengan komputer Sistem Operasi Windows 8.1 64 Bit (+tweaking for installing driver), jadi kalau kalian menggunakan OS Windows XP atau Windows 7, harusnya tidak ada kendala

[Update 06/07/2015]
Tips tambahan untuk pengguna Windows 8 keatas supaya bisa instal driver flashtool:
  • Sebelum instal driver flashtool, maka kalian harus buka command prompt (admin), lalu ketikkan perintah dibawah ini, setelah itu, restart dulu komputer kalian
bcdedit /set testsigning on
  • Dan jika proses flashing sudah selesai, maka buka lagi command prompt (admin), lalu ketikkan seperti dibawah ini, setelah itu jangan lupa restart komputernya
bcdedit /set testsigning off


Kalau kalian ingin pasang Custom ROM lagi setelah flashing ke stock ROM, kalian harus menginstal CWM di Xperia SP agar bisa pakai Custom ROM lagi

Jika ada yang kurang jelas bisa komentar dibawah

Dirangkum dari berbagai sumber, terutama dari XDA

Credit to Original Uploader:
.kuping,gepeng. @kaskus untuk firmware
xperiafirmware.com untuk mirror flashtool












112 comments

berlaku juga nga buat custom rom?

Jika agan sedang pakai custom ROM, dan ingin flashing sony xperia SP nya bisa kok, Flashing itu bisa dibilang instal ulang sistem android nya gan

Makasih banyak gan tutorial nya..
kalau ningkatin OS dari JB ke kitkat 444 kalau ada tutor nya link dong..
hehehehe

Thanks sudah berkunjung gan...

Ane sedikit jelasin, untuk Sony Xperia SP, secara resmi Sony hanya memberikan support update sampai JellyBean 4.3, tetapi jika agan ingin mencoba menggunakan Android Kitkat (4.4+) ,atau Lollipop (5.0+), agan bisa menggunakan Custom ROM untuk Sony Xperia SP nya

Syarat untuk memakai Custom ROM harus sudah Root + Terinstal CWM dan beberapa Custom ROM (seperti CyanogenMod) mensyaratkan UBL (Unlock Bootloader), tutorial untuk hal ini ada di halaman blog saya, silahkan di search aja gan .. hehe

Udah UBL sama CWM juga, kan tau dari sini CWM http://www.tipshare99.com/2015/06/cara-instal-cwm-recovery-twrp-dan-philz.html

sekarang udah kitkat 4.4+, walapun bootloop 4 kali waktu mau ke kitkat 4.4+..
makasih banyak ya Gan buat tutor nya..
hehehe

Ane juga sama dulu, pas pertama kali otak-atik Android kena bootloop berkali-kali, pernah keringat dingin, hp nya kagak keluar sinyal, IMEI sampe hilang,dll :v , tapi setelah banyak pengalaman jadi terbiasa deh

Kalo pengen nyobain yg Android Lollipop (5.1.1), ane ada saran nih ROM yang paling keren, ROM ini sepertinya yang paling XPERIA banget theme nya, serasa pake Xperia Z3 Lollipop wkwkwkwwk:
http://forum.xda-developers.com/xperia-sp/development/rom-stryflex2013266073-lp-official-sony-t3180637

Sekarang lagi pake AICP, pengen nyoba ke striplex..
itu cuma instal rom aja kan, GApps ga perlu di instal apa gan?
ga ngerti bahasa england, tutor dong, hehehehe..

Hehe... ROM itu tanpa GApps bawaannya

Untuk tutor harap sabar yah.. hehehe, sedang banyak kesibukan di dunia nyata, belum ada waktu ngoprek dan ganti ROM, ane udah rencana sih mau nyobain ROM StryFlex itu

Mungkin di weekend ini bakal meluncur tutorial UBL + Pasang Custom ROM nya ^_^, stay tune

Oke gan..
di tunggu tutor nya..
hehehe

why my phone cannot turn on after Flashing ?

kalau layarnya terkunci kok gak bisa gan

Open your phone backcover and press off key 5-10 seconds, try this or retry flashing process

Maksudnya terkunci gimana gan? Selama hp agan masih bisa hidup, flashing bisa aja dilakuin

I've tried it, but it still can not be on

This comment has been removed by the author.

Boleh juga request agan ini, ntar ane buatin tutorial UBL + backup TA (SOny DRM keys) sabtu / minggu ini...

Stay tune disini yee gan =))

Does Sony Logo show? Can your phone vibrate when you press Power key?


Sorry for my bad English

it did not give any reaction. there's nothing coming out from the screen.

If your phone have no response, i think your phone is "bricked". I suggest you to repair your phone in Sony Service Center.

Mana gan tutorial UBL nya ini dah hari sabtu

Udah ane buat hari ini, cek deh Halaman Utama

Gan cara backup firmware asli bawaan Xperia SP ke hardisk gimana gan> Jaga2 kalo gagal flash.

Kalau mau backup mending via recovery aja seperti via CWM, atau TWRP, hasil backupnya disimpan di SDCard, abis itu kalau mau dicopy ke harddisk ya udah tinggal agan copy aja ke harddisk agan, jika sewaktu2 hp agan bootloop, agan bisa langsung flash (restore) backup an tadi asal waktu bootloop HP agan masih bisa masuk Recovery Mode

This comment has been removed by the author.

bro, hape ane imei null nih gatau kenapa tiba tiba null. Abis flash striplex malah jadi null

Ane udah coba flash stock rom, pake fix dari XDA, tapi tetep kalo dimasukin kartu basebandnya ilang bro.

Gimana ya caranya bro? kan ente udah berpengalaman hehe Thanks

Ente udah coba flashing pake tutor ini gan?

Gan makasih tutor flashing nya, udh ane coba dan berhasil.
Namun masalah bootloop XSP ane masih ada gan. Jadi klo XSP ane nyalain tanpa nyolok ke charger, yang terjadi adalah muncul logo SONY berkali - kali dan itu terus menerus sampe battery habis. Tapi kalo ane hidupin XSP ane sambil di colok ke charger, proses strart-up bisa sampai homescreen gan. Dan bisa pake aplikasi apa aja. Tapi setelah itu, kalau ane cabut kabel chargernya, dan ane buka aplikasi apapun, XSP ane langsung mati dan kembali ke kondisi awal tadi gan (muncul logo SONY berkali2).. Kira2 kerusakan apa di XSP ane ya gan ? Need help gaan... Thanks..

Mungkin baterai XSP ente bermasalah itu gan

Gan waktu sampai proses "wait for flash mode" , cabut kabel data xsp dan tekan volume down itu cukup ditekan sekali aja atau ditahan sambil dicolokin kabel datanya baru dilepas?

Sebelum muncul waiting for flashmode, pastikan hp agan sudah lepas dari kabel data

Lalu saat pesan waiting for flashmode muncul, tekan tombol volume bawah sambil di colokin hp nya ke kabel data sampai LED warna hijau muncul.. kalau LED nya udah muncul, lepas aja tombolnya gan

gan ini bisa buat hh yang udah UBL juga?



habis muncul waiting for flashmode trus colokin hp ke kabel data. muncul eror gini

Processing of loader.sin finished with errors.

itu knp mas?

Coba ulangi prosesnya apakan tetap begitu?

gan gemanan nih sp gua bootloader gakk bisa idup dan baterainya soak kira kira kalo gua flashing gagal gak ya gan bingung nih gua.... dan kira kira harga baterainya berapa ya gan sony sp

Kalau mau flashing, baterainya usahakan cukup gan :D

Kalau agan nanti gagal pas flashing (HP agan kehabisan baterai), takutnya hp nya malah makin parah rusaknya. bisa aja eMMC (memori internal) nya jadi corrupt

Kalau kisaran harga baterai mungkin kisaran 250.000 - 350.000, yg jelas kalau yg KW lebih murah... wkwkwkwk

oh y gan eMMC itu maksudnya apa ya gan. apa mungkin hpnya gak bisa lagi di flashing gan ya.

aduh gan tadi pagi ane coba flashing thus pas lodingnya mau jalan hp ane malah mati gan tapi masih bisa kan gan diflashing lagi =)

seandainya sp ane eMMC . masih bisa gak gan di flashing ulang

eMMC itu memori internal gan

Dicoba aja lagi flashingnya, tapi kalau tiap flashing hp nya mati, mending ganti baterai dulu deh saran ane

ini bisa buat hp yg masih ori gak (non root) ato harus di root

@Nita: Bisa mbak untuk semua Xperia

min mau nanya http://forum.xda-developers.com/xperia-sp/development/rom-stryflex2013266073-lp-official-sony-t3180637
untuk cusrom di atas itu syaratnya hp harus di posisi 4.3 apa gmn?
ane posisi lagi bootloop ini, tadinya instal cusrom ,, hoho

Mau di ROM mana aja bisa...

Pastikan HP agan udah di UBL (Unlock Bootloader), instal ROM dari recovery (CWM atau TWRP)

Kalau bootloop tinggal flash ulang aja gan ke stock ROM

Gan, xperia sp punya ane kliatannya kena virus deh. Tiap nyalain paket data/WI-FI pasti ada aplikasi yang ke download otomatis. Dan itu aplikasi yg ngga aku inginkan.
Solusinya gimana ya? apa Flashing bisa mengatasi masalah ku ini?
Makasi

Coba di uninstal aja dulu aplikasi yang kira2 mencurigakan (sumber virus atau malware nya)

Kalau masih ga bisa, di flash aja, dengan resiko semua data memori internal akan hilang

Gan tolong saya, pas saya melakukan flashing xperia tipo proses berhenti di reading device information, dan saya tunggu berjam2 nggak jalan jalan, saya ulangi berkali kali tetap seperti itu trimakasih gan atas bantuannya

Trus itu juga sepertinya usb debuggingnya belum enable, apa sudah tak bisa diapa apain lagi itu gan

Coba dikirim screenshot error nya ke email saya gan: arrizqiblog@gmail.com

USB Debugging Off juga bisa kok untuk flashing, ane udah nyoba sendiri di Xperia SP ane :D

gan, waktu flashtoolnya dibuka kok ada error seperti ini ya? http://imgur.com/LoIMWvL
padahal drivernya sudah saya instal dan sudah ready to use

Colokin HP agan dan coba cek buka device manager, apakah Xperia SP agan statusnya sudah terinstal drivernya atau masih belum

INFO - Loader : S1_Root_7054 - Version : R5G006 / Boot version : R11B023 / Bootloader status : ROOTABLE

saya prosesnya berhenti di situ terus, gak maju2 progres bar nya. knp yaa mas? please help

Kirimkan screenshotnya ke email saya: arrizqiblog@gmail.com

alhamdulilah workk gan makasih :D

Iya gan.. Terima kasih telah berkunjung :-bd

gan punya saya matot gara-gara saya instal custom rom. Jadi gini gan pas udah selesai install custom rom, kan harus di reboot dulu nah xperia sp saya udah saya reboot, tapi saya tunggu kok gak muncul icon sony, cuman kalo di charger led yg ada dibawah nyala, pertaman warnya biru, dan habis itu saya pencet pencet tombol volume dan power warnanya jadi hijau, dan tetep gak muncul logo sony. Bisa bantuin gak gan?

Coba charge aja dulu gan.. lampu merahnya hidup kan? Biarin aja sekitar 2 jam

Lalu coba agan colokin di PC, ke detect gak HP nya?
Silahkan dicoba

Habis saya install custom rom, cuman sampe stuck logo. Solusinya gimana gan?

Muncul logo terus restart lagi, terus ke logo lagi.. gitu2 aja ya gan? Itu bootloop namanya

Baca aja artikel saya yang ini, HP agan harus di flash biar balik normal lagi

26/013/2016 01:13:59 - INFO - Phone ready for flashmode operations.
26/013/2016 01:13:59 - INFO - Opening TA partition 2
26/013/2016 01:13:59 - INFO - Current device : Unknown: Jan 19 2014/22:13:32 - YT9107390H - Unknown: Jan 19 2014/22:13:32 - Unknown: Jan 19 2014/22:13:32 - Unknown: Jan 19 2014/22:13:32
26/013/2016 01:13:59 - INFO - Closing TA partition
26/013/2016 01:13:59 - INFO - Start Flashing
26/013/2016 01:13:59 - INFO - Processing loader.sin
26/013/2016 01:13:59 - INFO - Checking header
26/013/2016 01:13:59 - INFO - Flashing data
26/014/2016 01:14:01 - INFO - Ending flash session
26/014/2016 01:14:01 - ERROR - Read error :31 : A device attached to the system is not functioning.
26/014/2016 01:14:01 - ERROR - Error flashing. Aborted
26/014/2016 01:14:02 - INFO - Device connected in flash mode

mohon pencerahannya gan, gagal mulu nih kenapa ya?

26/014/2016 12:14:59 - INFO - Flashtool Version 0.9.18.2 built on 09-06-2014 22:30:00
26/014/2016 12:14:59 - INFO - Executing search strategies to find proxy selector
26/015/2016 12:15:00 - INFO - No proxy found for IE. Trying next one
26/015/2016 12:15:00 - INFO - Proxy found for firefox
26/015/2016 12:15:00 - INFO - Syncing devices from github
26/015/2016 12:15:01 - INFO - Scanning devices folder for changes.
26/015/2016 12:15:09 - INFO - Pulling changes from github.
26/015/2016 12:15:19 - INFO - Devices sync finished.
26/015/2016 12:15:28 - INFO - Device connected with USB debugging off
26/015/2016 12:15:28 - INFO - For 2011 devices line, be sure you are not in MTP mode
26/018/2016 12:18:53 - ERROR - root : this bundle is not valid
26/018/2016 12:18:53 - INFO - Selected Bundle for Sony Xperia SP (C5303). FW release : 12.1.A.1.207. Customization : AU
26/018/2016 12:18:53 - INFO - Preparing files for flashing
26/020/2016 12:20:15 - INFO - Please connect your device into flashmode.
26/021/2016 12:21:02 - INFO - Device disconnected
26/021/2016 12:21:36 - INFO - Device connected in flash mode
26/021/2016 12:21:36 - INFO - Opening device for R/W
26/021/2016 12:21:36 - INFO - Device connected in flash mode
26/021/2016 12:21:37 - INFO - Start Flashing
26/021/2016 12:21:37 - INFO - Processing loader.sin
26/021/2016 12:21:37 - INFO - Checking header
26/021/2016 12:21:37 - ERROR - Processing of loader.sin finished with errors.
26/021/2016 12:21:37 - INFO - Ending flash session
26/021/2016 12:21:37 - ERROR -
26/021/2016 12:21:37 - ERROR - Error flashing. Aborted
26/021/2016 12:21:37 - INFO - Device connected in flash mode
26/021/2016 12:21:48 - INFO - Device disconnected
26/022/2016 12:22:02 - INFO - Device connected with USB debugging off
26/022/2016 12:22:02 - INFO - For 2011 devices line, be sure you are not in MTP mode
26/022/2016 12:22:24 - INFO - Device disconnected
26/022/2016 12:22:42 - INFO - Device connected in flash mode
26/022/2016 12:22:44 - INFO - Device disconnected
26/022/2016 12:22:55 - INFO - Device connected with USB debugging off
26/022/2016 12:22:55 - INFO - For 2011 devices line, be sure you are not in MTP mode
26/024/2016 12:24:05 - INFO - Device disconnected


Kalo kayak gini problemnya apa yah? SP saya sudah di root apa pengaruh? Mohon infonya.

Mohon maaf sebelumnya ane lama balas karena kesibukan di dunia nyata...

Ini download Flashtool dan Firmware (file .FTF) nya dari tempat ane atau dari tempat lain yah?

Kalau dari keterangannya, file FTF nya corrupt (rusak) gan,

Coba ente download Flashtool dan Firmware nya dari postingan ane diatas

Mohon maaf sebelumnya ane lama balas karena kesibukan di dunia nyata...

Terus terang aja untuk error:
"Read error :31 : A device attached to the system is not functioning."

Ane juga masih bingung solusinya apa, beberapa yang komen dan email ke ane juga ada yang masalahnya sama

Coba ente tekan tombol reset yang di belakang backcover Xperia SP sampe getar 3 kali, lalu charge dulu selama 2 jam, jangan ente hidupin atau ente tekan tombol power.. Jangan

Terus coba ulangi proses flashing nya

kalo hp sony nya matot gmn? dicharge juga lampu indikatornya gk nyala, pencerahannya?

Gak ada lampu sama sekali yang hidup? Dan juga tidak ada getarnya?

Divideo kq disuruh tekan Vol Up.. tapi disini Tekan tombol Down.. gmna..? tolong Admin

Emang agan liat videonya dimana? Untuk Xperia SP, tekan volume bawah gan

Bisa aja gan untuk C5303, tetapi di tutorial ini firmware nya untuk jenis C5302 (firmware resmi dari Sony Indonesia), jadi kemungkinan besar C5303 agan gak akan bisa baca jaringan LTE, secara kan perbedaan C5302 dan C5303 hanya jaringannya saja, C5302 hanya support 3G sementara C5303 sudah support jaringan 4G

Ane saranin agan cari firmware (file .ftf) untuk C5303

Apakah harus diextra dulu file nya gan

File yang mana ya gan?

gan tolong upgrade in XSP ane ke kitkat 4.4 dong, ane coba semua caranya di blog bingung terus gan, udah root cuma unlockbootload gagal terus.. bisa bantuin dong? makasih

Agan harus unlock bootloader dulu biar gampang ganti2 ROM Androidnya

Tapi kalau agan gak suka ngelakuin yang aneh2 di HP nya mending menetap aja di ROM bawaan gan :D

Xperia SP OS Android resminya hanya sampai Jelly Bean dan jika agan mau pasang ROM Android Kitkat atau Lollipop atau Marshmallow, itu sudah jelas pakai custom ROM dan perlu utak-atik HP nya

Dan satu hal yang jelas, custom ROM juga banyak kelemahannya (bug), paling stabil ya jelas ROM Official walaupun cuma Jelly Bean

alhamdulillah 1000% sukses bro...
mksh bnyk atas kbaikanya
jazakumullah bil khoir amin

gan ane kan instal custom rom cm12.1 sering softreboot sendiri ada solusinya ga?

Mantap bro..

Senang bisa membantu... :)

Kemungkinan memang "bug" bawaan ROM, ga ada solusi gan

Saran ane, pake Candy ROM, paling stabil untuk Custom ROM Lollipop, ane stay di ROM ini

nanya yh bg,xsp ane kn lupa pin,jadi ane mau flash,apakah hpnya hrs di root dulu? posisi stockrom yg udh d upgrade dri sony
trims

Tidak harus root bang

Bisa di flash langsung... Silahkan dicoba bang

This comment has been removed by the author.

kok ada tulisan " Please wait until the end of process "
itu maksudnya apa gan

min mau nanya pas mau flashing file "ftf" nya harus sesuai jenis hp nya? soalnya hp temen ane c5303 12.1.a.1.205 dan kalo mau root prerooted nya harus sesuai juga ga? mohon bantuannya min!!!!

Lebih baik disesuaikan dengan jenis HP nya, apakah HP nya tipe C5302 atau C5303 (versi 4G/international)

Kalau 12.1.a.1.205 itu versi firmware namanya bukan tipe HP, gak masalah mau pake yang mana aja, firmware yang paling baru itu ujungnya 207

COba di PC lain bisa tidak?

24/005/2016 23:05:40 - INFO - Ending flash session
24/005/2016 23:05:40 - INFO - Flashing finished.
24/005/2016 23:05:40 - INFO - Please unplug and start your phone
disitu keterangnnya finished tp dinyalain gak bisa hidup/brick, di charge gak respon di colokin ke pc gak kedetect, kenapa ya gan ?
apa harus ubl dulu sebelum flashnya ?

Udah coba tekan tombol reset di belakang HP gan sampai HP nya getar?

Tidak harus UBL saat flashing

Gan kok di Log nya muncul gini


08/054/2016 07:54:16 - INFO - Start Flashing
08/054/2016 07:54:16 - INFO - Processing loader.sin
08/054/2016 07:54:16 - INFO - Checking header
08/054/2016 07:54:16 - ERROR - Processing of loader.sin finished with errors.
08/054/2016 07:54:16 - INFO - Ending flash session
08/054/2016 07:54:16 - ERROR - Error in processHeader : Read error :31 : A device attached to the system is not functioning.
08/054/2016 07:54:16 - ERROR - Error flashing. Aborted

apa flashingnya gagal atau karena apa ?

Flashing nya gagal kalau seperti itu. . .

Apakah firmware nya agan download disini atau pakai firmware lain?

gan... gmn cara setting usb debugging nya?soalnya usb debuging harus mode on.
kan judulnya jg bootloop, ane kagak bisa masuk k pengaturan(nyala jg kagak)....

USB Debugging dalam keadaan OFF juga bisa gan. . .

Ane hanya menyarankan dalam keadaan ON jika HP masih berfungsi normal, jika sudah terlanjur bootloop langsung aja gan :D

gan ini official rom dari sony bukan,ters dapetnya dari mana ya,kan yang resmi tuh bukannya milik sevice centre sony?,tolong pencerahannya soalnya SC sony jauh dari rumah...,

sama beda firmware dari sini sama tukang service pinggir jalan apa ya?terimakasih

Ini firmware Official Sony Indonesia gan

Semua HP Android apapun, firmware resminya kan tersedia, tinggal download saja firmware yang disediakan pabrikan

Ane gak tau ya tukang service pinggir jalan pakai versi mana, soalnya kalau cuma instal ulang (flashing), selalu ane lakuin sendiri, gak pernah dibawa service :D

nice info gan,btw flashing berhasil 100%:-d

Sore admin, Kenapa saat status WAIT FOR FLASHMODE begitu lama,saya sudah ikuti perintahnya dan lampu pada hh sudah warna hijau tetapi gambar WAIT FOR FLASHMODE tidak hilang juga. saya melakukan flashing pada HH Experia E3 D2202. Mohon bantuannya

terimakasih gan untuk sarannya hp ane udah bener alhamdulilah ya allah

terimakasih gan untuk sarannya hp ane udah bener alhamdulilah ya allah

terimakasih gan untuk sarannya hp ane udah bener alhamdulilah ya allah

terimakasih gan untuk sarannya hp ane udah bener alhamdulilah ya allah

makasih banyak gan tutornya sangat sangat membantu, XSP ane dah bener.
sekali lagi makasih banyak gan sukses selalu buat agan (y)

Terima kasih doanya gan :)

gan hp ane model nya C5302 tapi ane mau flashing ROM type C5303 apakah nanti bisa 4G kalo hp ane . ane flashing ke ROM tersebut. ... tolong gan jelasin ya :-) Terimakasih :-D

Sekalipun di flash pakai ROM C5303 tidak akan jadi 4G karena C5302 dan C5303 sudah beda hardware


EmoticonEmoticon